Serangan Udara Gempur Rumah Sakit Suriah, 10 Warga Gugur

Serangan Udara Gempur Rumah Sakit Suriah, 10 Warga Gugur

406

udara-surRentetan serangan udara dekat rumah sakit di barat laut Suriah pada Sabtu (6/8/2016) dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 10 warga sipil. Keterangan ini disampaikan lembaga pengawas HAM Suriah, Alarabiya melaporkan.

Lembaga ini mengatakan bahwa penggerebekan ini telah ditargetkan di kota Milis di provinsi Idlib. Provinsi ini berbatasan dengan Turki dan dikendalikan oleh kelompok pembebasan Suriah.

Lembaga HAM yang berbasis di Inggris mengatakan tiga anak dan dua wanita termasuk di antara korban yang tewas. Menurut laporan, serangan ini dilakukan oleh salah satu pesawat tempur Rusia atau rezim Suriah.

The Idlib Media Center, yang menerbitkan berita tentang perkembangan di provinsi ini, melaporkan bahwa rumah sakit ini dihantam dalam serangan oleh pesawat tak dikenal dan sedikitnya enam orang gugur.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Suriah adalah tempat yang paling berbahaya bagi petugas kesehatan untuk beroperasi sejak tahun 2015 lalu. Terbukti dengan terjadinya 135 serangan terhadap fasilitas kesehatan dan pekerja medis pada tahun 2015.

Pada akhir Juli 2016, empat rumah sakit darurat dan bank darah lokal di Aleppo telah babak belur dilanda serangan udara dalam satu hari.

Lebih dari 280 ribu orang dilaporkan telah gugur sejak konflik Suriah meletus pada 2011. Jutaan warga lainnya terpaksa melarikan diri, termasuk sekira lima juta warga yang telah mencari perlindungan di negara-negara tetangga. []

Comment

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY